Indoensia Urban Legend


Urban legend adalah mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, humor atau bahkan kisah moral. Legenda urban tidak selalu berarti kisah bohong namun sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut. Urban legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensional.
Meskipun pantas diragukan kebenaran faktualnya, urban legend ini ada banyak gunanya dimana-mana. Urban legend adalah sebuah kisah, yang diceritakan seperti kisah nyata, akan tetapi kebenarannya diragukan. Bukan berarti semua urband legend itu tidak berdasarkan fakta. Tapi pada saat diceritakan, fakta itu sudah dibumbui fiksi, dibesar-besarkan, atau diekstrimkan. Ini beberapa urban legend yang ada di Indonesia :
1.Batu Tematen, Watu Agung

Batu bernuasa mistis ini terletak di pinggir jalan yang menghubungkan dusun Sembir dan desa Watu Agung, dianggap angker dan tak jarang orang dari luar desa Watu Agung mengalami kejadian ketika berada di dekat batu tersebut. Pernah ada saksi mata seorang pengendara motor tiba-tiba mesinnya mogok dan melihat orang tinggi besar sedang duduk di atas batu tersebut di kelilingi ular besar.
2.Grojogan Sewu, Gunung Lawu

Tak jauh dari wisata Grojogan Sewu terdapat sebuah jembatan yang  beken disebut “kretek pegat” ada pula yang menamai “pegat sih”. Nama itu diberikan berdasarkan pengalaman empirik,  bahwa jembatan tersebut sering mengakibatkan pegatan yang apabila dijadikan menjadi bahasa indonesia  menjadi perceraian. Dulu sekitar 70an ada cerita pasangan pengantin baru melakukan piknik ke tempat ini kemudian ketika pulang ke Madiun, keduanya tewas setelah motornya menabrak pohon hingga ringsek. Dari beberapa kesakdian dari mereka yang sering berada di tempat tersebut, pada hari-hari tertentu sering saat petang, sering terihat seorang kakek melintas diantara kabut yang menyelimuti, Kretek Pegat.
3.Belik Tejo, Wonogiri
Bagi pasangan baru jangan sekali-kali berada di seputar Belik Tejo. Karena pernah ada cerita sepasang pengantin hilang secara gaib di tempat itu. Pantangan seperti itu telah di percaya penduduk setempat sejak dulu. Begitu pula bagi mereka yang lagi kasmaran, jangan sesekali pacaran di tempat itu walaupun tempatnya sangat menarik dan berhawa sejuk. Pernah ada upaya pencarian pengantin yang hilang tersebut tetapi hasilnya nihil. Belik Tejo diunggui sosok gaib bernama kyai Surotedjo, seorang bangsawan kerajaan bersenjatakan tombak bermata 3.
4.Kebak Keramat, Sragen

Tempat ini seperti berkonotasi angker yaitu kebak keramat, sesuai namanya kecelakaan sering terjadi di daerah tersebut. Masyarakat berkeinginan mengganti nama derah tersebut menjadi kebakrahmat agar bisa meminimalkan jumlah korban kecelakaan di daerah tersebut.
5.Sumber Banyu Urip Batik, Klaten
Sumber mata air di daerah ini konon dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Sumber air yang telah di bangun bedeng tembok ini terletak di tengan area persawahan, pada sekeliling tembok tersebut di tumbuhi tanaman lamtoro dan alang-alang. Misteri lain selain air yang konon dapat menyembuhkan penyakit ini adalah sering munculnya ular sebesar pohon kelapa yang mempunyai jengger. Menurut cerita setempat ular tersebut adalah makhluk ghaib yang menjaga sumber air tersebut juga keris atau tombak pusaka.
6.Giri Bangun, Karanganyar

Tempat ini menjadi terkenal kemistisannya karena kompleks ini merupakan komplek pemakaman tokoh-tokoh besar seperti makam Giri Bangun, makam pangeran Samberngwa dan terakhir makam ibu Tien Soeharto. Menurut keterangan seorang juru kunci makam tersebut, apabila burung terbang melewati makam tersebut akan jatuh mati dan jika dipotret tidak ada gambarnya.
7.Sumur Puteri, Lampung

Ditempat ini sering dijadikan tempat bertemunya gadis gadis cantik dari alam lain, yang turun pada saat ritual keramasan sebelum puasa. Ada juga siluman buaya putih yang berdiam di pusaran air yang ada di sisi sungai ini.
8.Situ Bagendit, Garut
Situ Bagendit adalah nama tempat wisata di daerah Garut, konon menurut cerita tidak jarang terlihat lintah sebesar kasur di sungai Situ Bagendit yang merupakan jelmaan dari Nyi Endit yang dahulu kala pernah dikutuk disebabkan Nyi Endit seorang kaya raya yang terkenal pelit dan rentenir.
9.Candi Sukuh, Karanganyar

Candi Sukuh ini terletak di kaki gunung Lawu, menurut sejarah candi ini adalah candi terakhir yang dibangun di masa kerajaan Hindu. Di candi ini banyak gambar relief orang sedang melakukan hubungan intim, masyrakat setempat menyebutnya candi rusuh ( yang artinya rusuh atau tabu ). Ada mitos unik di candi tersebut dimana konon laki-laki yang ingin mengetes kekasihnya masih perawan atau tidak, dapat datang ke tempat ini, dengan cara si wanita melompati relief batu yang berbentuk alat kelamin laki-laki. Jika kain kebayanya sobek maka wanita tersebut masih perawan, tetapi jika kainnya terlepas maka wanita tersebut dianggap tidak perawan.
10.Hantu Cekik, Grobogan
Pernah ada suatu isu/mitos di Grobogan Semarang, dimana terdapat hantu yang sering wujudnya mencekik orang yang sudah di dalam rumah, akhirnya para penduduk setempat  tidur diluar karena tidak berani tidur di  dalam rumah. Isu ini menyebar di daerah pinggiran pantai Tambaklorok.
11.Gunung Kamukus, Sragen
Di Gunung Kemukus ini terdapat ritual seks yang dilakuka oleh pasangan pasangan tidak dikenal, dengan keyakinan mitos pasangan melakukan ritual tersebut keinginannya akan terkabul. Menurut mitos konon pada zaman dahulu ada bangsawan yang bernama pangeran Samudro dari kerajaan Majapahit ( ada yang mengatakan dari kerajaan Pajang ). Pangeran ini konon mencintai ibunya sendiri yang bernama Dewi Ontrowulan, hubungan incest ini kemudian diketahui oleh ayahnya dan sang pangeran dikejar oleh ayahnya sampai gunung Kemukus, kemudian sang pangeran menghembuskan nafas terakhirnya di bunuh ayahnya sendiri. Sebelum menghembuskan nafas terakhir sang pangeran bersumpah “ baiklah aku menyerah,  tapi dengarlah sumpahku. Siapa yang mau meniru perbuatanku, itulah yang menebus dosaku dan aku akan membantunya dalam bentuk apapun.”
12.Gedung Tua Lawang Sewu, Semarang

Kalau diartikan gedung lawang sewu memiliki arti gedung 1000 pintu. Ada banyak cerita di gedung lawang sewu ini, seperti adanya suara lantai yang terseok seok, penampakan hantu wanita di jendela dan lain-lain. Konon ada lorong yang menghubungkan gedung lawang sewu ini dengan SMAN 3 Semarang dan SMAN 1 Semarang.
13.Bali Beach Hotel, Denpasar

Hotel ini memiliki kamar mistis  dengan nomor kamar cottage 2401, konon kamar tersebut di huni oleh Nyo Roro Kidul. Menurut para pegawai, awalnya cottage itu di sewakan, namun pernah terjadi hal hal janggal. Seperti tamu hotel yang menginap tiba tiba marah tanpa sebab dan ada juga yang bawa satu anak tapi dilihat anaknya jadi dua.
14.Inna Hotel, Denpasar

Di hotel ini terdapat kamar yang disucikan, kamar tersebut dipercaya sebagai kamar pilihan Presiden Soekarno, yang kabarnya memiliki hubungan cinta dengn Nyi Roro Kidul. Kamar tersebut bernmor 327. Satu satunya kamar yang tidak terbakar saat hotel itu mengalami kebakaran hebat pada tahun 1993.
15.Bukit Gombel, Semarang
Kabar adanya penampakan pocong di hutan bukit Gombel ini sudah terkenal mitos mitosnya di masyarakat semrang, tidak jarang para saksi melihat penampakan tersebut dan konon ada sebagian orang yang berhasil memfotonya dimana sang pocong melayang dari pohon ke pohon.
16.Gerbang Genderuwo, Tuban
Di bawah pohon beringin besar di tengah perkuburan tua yang terletak di sebelah desa Besowo dipercaya menjadi pintu keluar masuk gendruwo yang di perdagangkan. Menurut sebagian warga, gendruwo di daerah ini dapat dibeli dengan syarat syarat tertentu. Pengunjung biasanya diajak dukun setempat untuk pengambilan makhluk setengah manusia demit dengan cara mempersembahkan sesaji, membakar dupa dan bersemedi semalam suntuk, penduduk setempat memanggil gendruwo tersebut dengan nama “Mbah irang”.
17.Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Nama Karanghawu berasal dari adanya gugusan batu karang yang menyerupai hawu atau tungku di lokasi tersebut. Batuan itu merupakan terumbu karang yang telah mati dan mengeras, konon batu yang menjorok ke laut tersebut merupakan singgasana Nyi Roro Kidul. Di atas bukit terdapat sebuah rumah yang dikenal sebagai tempat persinggahan Nyi Roro Kidul beserta para daynagnya. Pada sisi bukit yang menghadap ke laut lepas, terdapat sebuah batu karang yang menyerupai kursi. s
18.Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Paratngtritis merupakan tempat wisata yang menempati peringkat teratas dalam angka kunjungan wisata di Yogyakarta, pantai yang landai dengan bukit berbatu. Parangtritis juga  merupakan salah satu tempat keramat yang masuk dalam daerah Bantul. Sering terdengar kabar ada pengunjung yang hilang terseret gelombang. Keanehan terjadi manakala pengunjung yang nahas tersebut hilang bagai di telan bumi dan bahkan pengunjung yang hanya bermain pasir di pinggiran pantai pun bisa terseret ombak sampai ke tengah laut. Tim SAR rata-rata baru bisa menemukan jenazah 2-3 hari kemudian seteah melakukan penyisiran.
19.Ikan Tapah, Sungai Batanghari, Banjarmasin
Ikan Tapah adalah ikan raksasa yang panjangnya dapat mencapai 2,5-3 meter, konon ikan ini dapat menyabitkan ekornya yang dapat mengakibatkan perahu nelayan terbalik, di jambi juga gempar karena seorang pemancing mendapatkan seekor ikan tapah sebesar 42 Kg di daerah aur duri.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Indoensia Urban Legend"

  1. makasih artikelnya mohon minta izin untuk di print


    klik untuk dapatkan penawaran menarik ke dieng Paket Wisata Dieng

    ReplyDelete