Kisah Zhang Fei


Zhang Fei bernama lengkap Zhang Yide saudara termuda dari Liu Bei dan Guan Yu dan merupakan seorang panglima perang terkenal pada zaman Romance Three Kingdom.Dalam Kisah tiga Negara karangan Luo Guan Zhong. Di kalangan Tionghoa Indonesia, ia dikenal juga dengan nama Tio Hoei.
Zhang Fei jenderal di Shu(167-221 AD) merupakan Jenderal militer dari Shu Han selama era romance Three Kingdom. Ia dipaparkan sebagai jenderal yang sangat kuat, memperlakukan orang yang kuat-kuat dengan hormat tapi perlakuannya berbeda kepada nak buahnya atau bawahannya sendiri. Beberapa sumber mengatakan Zhang Fei sangat piawai dalam ilmu sastra dan seni lukis.
Zhang Fei (Zhang Yide) berasal dari daerah Zhuo dan telah berteman dengan Liu Bei dan Guan Yu sejak muda. Ketiganya memiliki hubungan dekat layaknya saudara kandung. Bahkan sering tidur dalam tenda/kamar yang sama. Ketika Liu Bei di kejar prajurit Cao Cao dalam Battle Of Chang Ban. Zhang Fei bersama dengan hanya 20 pasukan kavaleri menghadang pasukan Cao Cao. Wajahnya yang garang serta sosok yang gagah membuat Cao Cao tidak berani maju.
Dalam sejarah novel, Zhang Fei pada mulanya bekerja sebagai tukang daging dan menjadi salah seorang dari Five Tiger General dibawah komandu Liu Bei. Ia melakukan Sumpah Saudara atau yang dikenal dengan sumpah Kebun Persik atau Oath Of the Peach Garden.
Secuplik kisah Zhang Fei pernah melawan kakak angkatnya Guan Yu karena dianggap berpihak dengan Cao Cao. Zhang Fei begitu emosi, padahal Guan Yu berada di teritori Cao Cao untuk melindungi istri Liu Bei. Zhang Fei akhirnya percaya ketika Guan Yu membunuh 2 jenderal musuh, Kenyataan yang membingungkan (saya aja agak gak ngerti, tapi itu dari yang saya baca di novel)
Zhang Fei meninggal karena suatu masalah, yaitu karena Zhang Fei yang mempunyai sikap lebih menghormati orang yang lebih kuat darinya, tetapi sebaliknya dengan bawahannya sendiri. Ketika Liu Bei melakukan ekspedisi melawan Dong Wu. Zhang Fei menggerakkan 100.000 pasukan utama di Jiangzhou. Sebelum tiba, Zhang Fei dibunuh oleh anak buahnya yang bernama Zhang da dan Fan Jiang dengan membawa kepalanya ke Sun Quan sambil menyerahkan diri.
Fakta aneh saat akan membunuh Zhang Fei, Zhang Da dan dan Fan Jiang berpikir Zhang Fei masih terjaga saat tidur. Ternyata dia tidur sambil mata terbuka. Seperti film Lord Of the Ring yang matanya buka walau tidur ( kayak Mermaid Man ).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kisah Zhang Fei"

Post a Comment