Pengertian, Fungsi, dan Syarat Singkat Uang



Pengertian Uang

Uang merupakan suatu benda dengan satuan hitung tertentu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transaksi yang berlaku di wilayah tertentu dan diterima masyarakat umum. Uang dapat digunakan sebagai alat pembayaran baik barang, jasa, maupun hutang. Uang logam dan uang kertas merupakan uang penuh ( full bodied money ). Artinya nilai intrisiknya ( nilai bahan ) uang sama dengan nilai nominalnya.

Fungsi Uang

Fungsi uang dibedakan menjadi dua yakni fungsi asli dan fungsi turunan.

a.Fungsi asli ( primer )
Fungsi asli uang menunjukkan fungsi yang mula-mula melekat pada fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang.

-Sebagai alat tukar umum ( medium of exchange ), yaitu berfungsi sebagai alat untuk pertukaran dan mengatasi kesulitan dalam pertukaran secara natura ( barter )

-Sebagai satuan hitung ( unit of account ), yaitu berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang atau jasa, serta untuk menentukan besarnya harga.

b.Fungsi Turunan ( sekunder )

-Sebagai alat pembayaran ( means of payment ), berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi, misal pembayaran pajak, retribusi, dan lainnya.

-Sebagai pembayaran hutang ( standard of deferred payment ), berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran untuk standar pembayaran hutang.

-Sebagai penyimpan kekayaan , artinya uang dapat disimpan terlebih dahulu, yang nantinya akan mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.

-Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal ( transfer of value ), berfungsi untuk menambah atau memperbesar modal usaha.

-Sebagai penunjuk harga ( standard of value ), berfungsi sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa.

-Sebagai pendorong kegiatan ekonomi, berfungsi untuk membuat banyak orang bekerja untuk mendapatkan uang.

Syarat Uang

-Bisa diterima oleh masyarakat umum ( acceptabillity )

-Mudah disimpan

-Mudah dibawa ( portable )

-Mudah dibagi bagi

-Tidak mudah rusak ( durability )

-Mempunyai kestabilan nilai ( stability of value )

-Harus ada kontituinitas

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi, dan Syarat Singkat Uang"

Post a Comment