7 Fakta Unik Tentang Batik



Anda pasti sudah tidak asing kan dengan batik ?, batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dulu kala. Batik adalah seni menggambar pola diatas kain sehingga membentuk pola-pola yang indah. Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin luasnya permintaan pasar, banyak kerajinan yang terbuat daribatik, seperti tas batik, kaos batik, dan lain-lain. Jenis dan coraknya juga sangat variatif dan kreatif, sehingga banyak kalangan yang menyukainya ( bahkan tokoh luar negri banyak yang suka ) dan cocok dipakai dalam acara resmi maupun tidak resmi. Tapi, tahukah anda bahwa ada beberapa fakta unik tentang batik ? Langsung aja simak.

7 Fakta Unik Tentang Batik

1.Asal muasal kata batik

Kata batik diambil dari bahasa jawa, yakni “amba” dan “ nitik. Amba berati menulis dan nitik artinya titik. Jadi membatik adalah menggambar titik sampai membentuk pola.

2.Batik diakui oleh dunia

Batik telah diakui oleh dunia pada tanggal 2 oktober 2009, sebagai warisan budaya. Bahkan sekarang batik banyak digunakan tokoh tokoh internasional

3.Membatik mata pencaharian wanita zaman dahulu

Pada zaman dahulu para wanita indonesia rata rata berprofesi sebagai pembatik. Pekerjaan membatik merupakan pekerjaan ekslusif pada masa itu.

4.Pengenalan batik ke mata internasional untuk pertama kali

Pertama kali batik diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang ketika itu menghadiri konferensi PBB dengan mengenakan batik.


5.Motif dan corak batik

Motif dan corak batik di setiap daerah berbeda, corak ini mengakomodasi aneka flora dan fauna. Ragam corak dan warnanya dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Mulanya, batik mempunyai corak dan ragam yang terbatas, dan beberapa corak hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar.


6.Jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya


Pembuatan batik dibedakan menjadi 2, yakni batik tulis dan natik cap. Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan, sedangkan batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan corak.


7.Mitos tentang batik

Orang jawa pasti tidak asing dengan batik, juga dengan batik. Batik mempunyai mitos jika batik parang digunakan dalam acara pernikahan akan merusak pernikahan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, terimah kasih karena telah mengunjungi blog saya. Tolong share jika itu bermanfaat. Wassalam 

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "7 Fakta Unik Tentang Batik"

  1. keren.... batik udh diakui dunia.... :D

    ReplyDelete
  2. Did you know there is a 12 word sentence you can communicate to your man... that will trigger intense feelings of love and instinctual attractiveness to you deep within his chest?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, treasure and guard you with all his heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.

    As a matter of fact, triggering this mighty impulse is so important to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will immediately find him open his mind and soul to you in such a way he never experienced before and he will identify you as the only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete